Khasiat Daun Mangga

Posted by Unknown on Sunday, December 11, 2011

Mangga
Mangga atau mempelam adalah nama sejenis buah, demikian pula nama pohonnya. Mangga termasuk ke dalam marga Mangifera, yang terdiri dari 35-40 anggota, dan suku Anacardiaceae. Nama ilmiahnya adalah Mangifera indica. Berasal dari sekitar perbatasan India dengan Burma, mangga telah menyebar ke Asia Tenggara sekurangnya semenjak 1500 tahun yang silam.

Nama buah ini berasal dari Malayalam maanga. Kata ini dipadankan dalam bahasa Indonesia menjadi mangga; dan pada pihak lain, kata ini dibawa ke Eropa oleh orang-orang Portugis dan diserap menjadi manga (bahasa Portugis), mango (bahasa Inggris) dan lain-lain. Nama ilmiahnya sendiri kira-kira mengandung arti: “(pohon) yang berbuah mangga, berasal dari India”.

Selain buahnya yang segar dan lezat, Daun Mangga ternyata memiliki banyak khasiat sebagai antimikrobia, antioksidan serta mencegah kanker.

Berikut Beberapa manfaat dari daun mangga :
  • Daun mangga muda, untuk mengatasi asam urat.
    caranya seduh daun mangga muda dalam gelas sebagaimana menyeduh teh. Sebentar saja air putih panas itu berubah warna menjadi kecoklat-coklatan, kemudian tambahkan sedikit gula putih. Lalu minum seduhan daun mangga muda itu.
  • Daun Mangga sebagai obat diabetes.
    Caranya, cukup dengan merendam daun mangga semalaman dalam secangkir air. Setelah itu, tiriskan daun keluar dan minum airnya. Hal ini membantu untuk meringankan gejala diabetes.

Sumber bacaan :
http://id.wikipedia.org/wiki/Mangga 
http://buyay.blogspot.com/2009/08/daun-mangga-muda-mengatasi-asam-urat.html
http://blog.indojunkers.com/2011/08/tanaman-herbal-untuk-diabetes/

Tulisan dalam artikel ini bukan anjuran, bukan perintah dan bukan saran untuk diikuti. Bagi Anda yang akan mencoba sebaiknya terlebih dahulu harus mencari informasi lebih komplit lagi ke berbagai sumber, sehingga tidak ada akibat yang membahayakan atau bahkan fatal.

.:: 5 comments .:. add Comment ::.

  1. Terima kasih atas resepnya. Daun mangga muda memang bisa menurunkan asam urat saya, dari 14 menjadi 6.3 dlm tempo 3 minggu saja. Caranya: saya didihkan 2 glas air. Lalu saya masukkan kirakira 10 lbr daun mangga muda. Setelah 1 menit kompor saya matikan. Saya minum 3 kali sehari.

    ReplyDelete
  2. oh gitu yah gan caranya . sekarang tau manfaat kulit mangga dan tidak lagi untuk membuangnya, terima kasih .

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. your article is very nice thank you for share this information there are many thinks should provided for all types of information will be provided. i am a student i need more than one essay papers so i have to go for masters dissertation writing service(writeversity.com).

    ReplyDelete
  5. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    arena-domino.club
    arena-domino.vip
    100% Memuaskan ^-^

    ReplyDelete

m4d13_Blog