Manfaat Daun Sirih

Posted by Unknown on Friday, December 16, 2011

Daun Sirih
Sirih (Piper betle L./Chavica aurculata Miq) adalah tanaman yang sangat populer dan asli dari Indonesia. Jenis sirih ada beberapa macam, yaitu: Sirih Jawa, Sirih Cengkeh, Sirih Belanda, Sirih Hitam, dan Sirih Kuning.

kandungan zat dari sirih juga sangat banyak. Beberapa kandungan tersebut antara lain: minyak atsiri, fenil propana, estragol, kavicol, hidroksikavicol, kavibetol, caryophyllene, allylpyrokatekol, cyneole, cadinene, tanin, diastase, pati, terpennena, seskuiterpena, dan gula.

Berikut beberapa manfaat daun sirih untuk kesehatan :
  • Daun Sirih untuk mencegah kerusakan gigi. Sediakan 1 lembar daun sirih, cuci bersih, lalu kunyah selama beberapa menit. Lakukan resep ini selama 2-3 kali sehari. Jika Anda tidak tahan dengan aroma saat mengunyah sirih, Anda dapat menggunakan air rebusan daun sirih untuk berkumur setiap selesai makan.
  • Daun Sirih untuk mengobati Keputihan. Manfaat daun sirih untuk mencegah atau mengobati penyakit keputihan telah banyak dikenal oleh masyarakat luas. Anda dapat membuatnya dengan merebus beberapa lembar daun sirih, cuci bersih, rebus dan gunakan airnya untuk cebok. Selanjutnya buat resep untuk diminum dengan menyediakan beberapa lembar daun sirih, kunyit, sambiloto/tapak liman, dan kumis kucing. Rebus semua bahan tersebut, saring airnya, lalu minum setiap hari hingga keputihan yang Anda derita sembuh.
  • Batuk Siapkan 15 lembar daun sirih dan tiga gelas air. Cuci bersih daun tersebut dan rebus sampai tersisa menjadi tiga perempat bagian. Minum bersama madu.
  • Bronkitis Rebus tujuh lembar daun sirih yang telah dicuci bersih bersama sepotong gula batu dalam dua gelas air bersih. Tunggu sampai tersisa menjadi satu gelas. Minum tiga kali sehari masing-masing sepertiga gelas.
  • Menghilangkan bau badan Ambil lima lembar daun sirih dan rebus dengan dua gelas air. Tunggu sampai tersisa menjadi satu gelas. Minum di siang hari.
  • Luka bakar Ambil daun sirih secukupnya dan cuci bersih. Peras airnya dan tambahkan sedikit madu. Bubuhkan ke tempat luka bakar.
  • Mimisan Siapkan satu lembar daun sirih yang agak muda, kemudian memarkan dan gulung. Gunakan untuk menyumbat hidung yang berdarah.
  • Bisul Ambil daun sirih secukupnya dan cuci bersih. Setelah itu giling sampai halus dan dioleskan pada bisul dan sekelilingnya. Balut dan ganti dua kali sehari.
  • Mata Gatal dan Merah Sediakan 5-6 daun sirih muda dan segar rebus dengan segelas air sampai mendidih. Tunggu sampai dingin dan gunakan untuk mencuci mata dengan gelas cuci mata tiga kali sehari sampai sembuh.
  • Koreng dan Gatal-Gatal Rebus 20 lembar daun sirih sampai mendidih. Gunakan air rebusan yang masih hangat untuk membasuh koreng dan gatal.
  • Menghentikan Gusi Berdarah Rebus empat lembar daun sirih dalam dua gelas air. Gunakan untuk berkumur.
  • Sariawan Ambil 1-2 lembar daun sirih kemudian cuci bersih. Kunyah sampai lumat dan buang ampasnya setelah selesai.
  • Menghilangkan Bau Mulut Siapkan 2-4 lembar daun sirih, cuci bersih dan remas. Seduh dengan air panas lalu gunakan untuk berkumur.
  • Jerawat Ambil 7-10 lembar daun sirih, cuci bersih dan tumbuk halus. Seduh dengan dua gelas air panas. Gunakan air tersebut untuk mencuci muka. Lakukan 2-3 kali sehari.
  • Mengurangi ASI Berlebih Ambil beberapa daun sirih, cuci bersih dan olesi dengan minyak kelapa. Kemudian hangatkan di atas api sampai layu. Tempelkan di seputar payudara yang bengkak selagi masih hangat.
Sumber bacaan :
http://turunberatbadan.com/2273/manfaat-daun-sirih/
http://www.kucoba.com/2011/04/inilah-14-khasiat-daun-sirih-untuk.html

Tulisan dalam artikel ini bukan anjuran, bukan perintah dan bukan saran untuk diikuti. Bagi Anda yang akan mencoba sebaiknya terlebih dahulu harus mencari informasi lebih komplit lagi ke berbagai sumber, sehingga tidak ada akibat yang membahayakan atau bahkan fatal.

.:: 2 comments .:. add Comment ::.

  1. Eating 8-30 grams of betel nut can cause demise. Biting betel nut can make your mouth, lips, and stool turn red. It can cause stimulant impacts like caffeine and tobacco utilize. It can likewise cause more serious impacts including retching, the runs, gum issues, expanded spit, chest torment, strange heart thumps, low pulse, shortness of breath and quick breathing, heart assault, trance like state, and demise.

    ReplyDelete
  2. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    arena-domino.club
    arena-domino.vip
    100% Memuaskan ^-^

    ReplyDelete

m4d13_Blog