Manfaat Brokoli

Posted by Madie Zha on Thursday, January 26, 2012

Brokoli
Brokoli mengandung magnesium yang mempunyai manfaat untuk meningkatkan daya ingat dan juga intelejensi pada berbagai usia. informasi ini berdasarkan penelitian oleh salah satu universitas di beijing, china, yaitu di Univertsitas Ching Hua.

Dikabarkan bahwa saat ini tim peneliti tersebut sedang mengembangkan suplemen untuk meningkatkan daya ingat yang berbasis magnesium. sebagai percobaan penelitian dilakukan ujicoba suplemen magnesium pada tikus pada usia yang berbeda beda.

hasil penelitian itu menunjukkan bahwa level magnesium yang tinggi dapat meningkatkan daya ingat dan juga kestabilan mental tikus. dan tentunya dibutuhkan penelitian yang lebih lanjut untu tahu bagaimana pengaruh magnesium yang tinggi pada tubuh manusia.

tapi kalau dilihat dari kegunaannya sebagai zat yang membentuk sel darah merah berupa zat pengikat oksigen dan hemoglobin, magnesium ini mempunyai peran yang sangat besar dalam menjaga syaraf agar tetap dalam keadaan normal. selain hal yang tersebut di atas, magnesium pun juga dapat mempertahankan detak jantung agar tetap stabil, dapat menguatkan tulang dan juga metabolisme energi.

Brokoli juga sangat baik untuk menurunkan kolesterol, ini akan semakin terasa jika Anda memasaknya dengan cara direbus, karena kandungan serat dari brokoli bisa mematikan sedikit demi sedikit kolesterol dalam tubuh. Selain itu, serat dalam brokoli membuat asam empedu dalam saluran pencernaan Anda jadi lebih baik. Brokoli mentah masih memiliki kemampuan menurunkan kolesterol akan tetapi tidak banyak, lebih baik konsumsinya dengan cara direbus. Itu dilakukan agar bakteri dalam brokoli bisa mati.

Dampak positif Brokoli pada sistem detoksifikasi. Baru-baru ini para peneliti telah mengidentifikasi salah satu alasan utama melakukan detoksifikasi. Di dalam sayuran brokoli terdapat kandungan zat glucoraphanin, gluconasturtiian, dan glucobrassicin. Trio dinamis itu mampu mendukung semua langkah dalam proses detoksifikasi tubuh, termasuk aktivasi, netralisasi, dan penghapusan kontaminan yang tidak diinginkan. Isothiocyanate (ITC) adalah molekul detoks yang mengatur untuk menghancurkan racun-racun dalam tubuh anda di saat Anda mengonsumsi brokoli serta brokoli membantu mengendalikan proses detoksifikasi pada tingkat genetik.

Brokoli juga membantu atasi kekurangan vitamin. Ketika dosis tambahan besar vitamin D diperlukan untuk mengimbangi kekurangan di tubuh, persediaan yang cukup baik vitamin K dan vitamin A membantu menjaga metabolisme. Sedangkan vitamin D dalam tubuh Anda untuk mengatur keseimbangan. Brokoli memiliki kombinasi yang luar biasa kuat dari kedua vitamin A dan vitamin K. Brokoli juga dapat menjadi makanan ideal Anda untuk melakukan diet.

Penelitian terbaru telah menunjukkan kemampuan kaempferol untuk mengurangi dampak zat alergi pada tubuh kita. Dan Brokoli merupakan sumber kaya vitamin kaempferol yang disebut flavonoid.

Sumber bacaan :
http://healthiskesehatan.blogspot.com/2011/07/kandungan-dan-manfaat-brokoli.html
http://www.okefood.com/read/2011/09/05/299/499021/sejuta-manfaat-brokoli

.:: 1 comments .:. add Comment ::.

  1. Terima kasih untuk informasi yang diberikan, sangat bermanfaat sekali..

    ReplyDelete

m4d13_Blog