Manfaat Rumput Laut

Posted by Madie Zha on Tuesday, January 24, 2012

Rumput Laut
Ribuan tahun sebelum masehi (SM), bangsa Cina sudah memanfaatkan rumput laut sebagai makanan sehat dan obat-obatan. Kemudian pada 65 SM, bangsa Romawi mulai menggunakannya untuk bahan kosmetik.

Mineral esensial yang dikandung rumput laut sangat banyak, antara lain besi dan kalsium. Kandungan kalsiumrumput laut sepuluh kali lebih tinggi dibandingkan dengan susu, sehingga rumput laut sangat tepat dikonsumsi untuk mengurangi dan mencegah gejala osteoporosis.

Rumput laut mengandung berbagai vitamin yaitu vitamin A, B kompleks, C, D, dan K. Kandungan vitamin tersebut memberi nutrisi pada kulit sehingga kulit lebih lembab dan kencang. Vitamin C bisa membantu menangkal radikal bebas.

Kandungan protein dan serat rumput laut juga sangat tinggi. Serat pada rumput laut bisa membuat perut terasa lebih kenyang. Selain itu, rumput laut bisa meluruhkan lemak-lemak di perut, sehingga bahan ini banyak dimanfaatkan untuk produk pelangsing.

Manfaat luar biasa rumput laut lainnya adalah kemampuannya untuk membantu proses memperbarui jaringan kulit yang rusak sehingga banyak pula dipakai sebagai produk antikeloid.

Selain manfaat diatas juga terdapat manfaat yang lain, yaitu :
  • Anti kanker, Penelitian Harvard School of Public Health di Amerika mengungkap, wanita premenopause di Jepang berpeluang tiga kali lebih kecil terkena kanker payudara dibandingkan wanita Amerika. Hal ini disebabkan pola makan wanita Jepang yang selalu menambahkan rumput laut di dalam menu mereka.
  • Antioksi dan Klorofil pada gangang laut hijau dapat berfungsi sebagai antioksidan. Zat ini membantu membersihkan tubuh dari reaksi radikal bebas yang sangat berbahaya bagi tubuh.
  • Mencegah Kardiovaskular, Para Ilmuwan Jepang mengungkap, ekstrak rumput laut dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Bagi pengidap stroke, mengkonsumsi rumput laut juga sangat dianjurkan karena dapat menyerap kelebihan garam pada tubuh.
  • Makanan Diet Kandungan serat (dietary fiber) pada rumput laut sangat tinggi. Serat ini bersifat mengenyangkan dan memperlancar proses metabolisme tubuh sehingga sangat baik dikonsumsi penderita obesitas. Karbohidratnya juga sukar dicerna sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama tanpa takut kegemukan.
  • Secara tradisional, rumput laut dipercaya dapat mengobati batuk, asma, bronkhitis, TBC, cacingan, sakit perut, demam, influenza, dan artritis.
Sumber bacaan :
http://kosmo.vivanews.com/news/read/13244-rawat_kulit_dengan_rumput_laut
http://healthiskesehatan.blogspot.com/2011/07/kandungan-dan-manfaat-rumput-laut.html

Tulisan dalam artikel ini bukan anjuran, bukan perintah dan bukan saran untuk diikuti. Bagi Anda yang akan mencoba sebaiknya terlebih dahulu harus mencari informasi lebih komplit lagi ke berbagai sumber, sehingga tidak ada akibat yang membahayakan atau bahkan fatal.

.:: 0 comments .:. add Comment ::.

Post a Comment

m4d13_Blog